Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan proses ekonomi. Bidang ekonomi terus mengalami perkembangan. Salah satu yang berkembang di Indonesia adalah bidang ekonomi kreatif. Lantas, apa pengertian ekonomi kreatif dan manfaat website UMKM dalam bidang tersebut?

Pengertian ekonomi kreatif dari Buku Ekonomi dan Bisnis Indonesia 2020 adalah kreativitas dan keterampilan diperlukan dalam proses pembuatan, aktivitas produksi, dan penyaluran barang maupun jasa. Jadi, sumber daya manusia yang merupakan faktor produksi utama harus memberikan ide dan keterampilannya untuk menghasilkan uang. Selain itu, juga memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat.

Ekonomi kreatif mempunyai beberapa ciri, yaitu:

  1. Mudah Berganti
    • Kegiatan ekonomi mengalami perkembangan sehingga pelaku usaha harus membuat inovasi baru. Tujuannya adalah agar bisa diterima oleh pasar. Oleh karena itu, kompetisi pada era ekonomi kreatif sangat ketat.
  2. Mengandalkan Ide dan Kreativitas
    • Kunci utama yang harus dipersiapkan adalah ide. Kreativitas akan berkembang jika ada ide. Hal ini pun juga selalu berhubungan dengan inovasi-inovasi yang akan muncul nantinya.
  3. Membutuhkan Kerja Sama
    • Kerja sama penting dilakukan agar bisa menghadapi persaingan ekonomi. Selain itu, dengan adanya kerja sama maka akan muncul banyak ide kreatif. Produk yang dihasilkan pun tentu sangat berpotensi diterima pasar.
  4. Tidak Terhalang oleh Batasan
    • Ide dan inovasi tidak ada matinya. Hal yang terpenting adalah diri kita, apakah ingin terus mengasah ide atau tidak. Jika mau terus mengasahnya maka kita bisa menemukan inovasi yang luar biasa.
  5. Penyaluran Secara Langsung dan Tidak Langsung
    • Proses penyaluran produk disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalani. Bisa disalurkan secara langsung ataupun tidak. Jadi, konsumen bisa mendapatkan produk tanpa cacat.

Peranan Website, Faktor Pendorong dan Contoh Usaha Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif didorong oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Perkembangan teknologi yang semakin maju mempermudah jalannya ekonomi kreatif.
  2. Ide yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pasar.
  3. Mudahnya saluran komunikasi.
  4. Platform media sosial untuk mempromosikan produk. Segera miliki website UMKM untuk mempromosikan produk Anda! Daftarkan di UMKM Rakyat.
  5. Sumber daya manusia yang mumpuni.

Nah, Anda sudah mengetahui ciri dan faktor pendorong ekonomi kreatif. Sekarang, simak contoh-contoh usaha ekonomi kreatif:

  1. Usaha kerajinan, seperti kerajinan kayu, tanah liat, dan barang bekas.
  2. Usaha fashion meliputi baju pria, wanita, anak-anak, dan lainnya.
  3. Usaha desain, seperti desain grafis dan produk.
  4. Jasa fotografi, misalnya untuk acara pernikahan.
  5. Periklanan agar bisa menarik perhatian konsumen dan penerbitan yang sesuai dengan bisnis.

Dapat disimpulkan bahwa bidang ekonomi kreatif mempunyai peluang besar bagi Anda yang suka berinovasi menghasilkan produk. Untuk memasarkan produk, Anda wajib mempunyai website. Anda bisa membuatnya secara gratis hanya di UMKM Rakyat yang merupakan program buatan Andalworks. (Clarissa Sutandar)