Di era digital saat ini, pergeseran perilaku konsumen dan perubahan teknologi membuat persaingan bisnis semakin ketat, terutama di sektor UMKM. Oleh karena itu, usaha mikro harus beradaptasi dengan cepat agar dapat tetap eksis dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Salah satu cara agar sektor usaha mikro mampu bersaing dengan berbagai kompetitornya adalah dengan menerapkan digitalisasi melalui penggunaan website bisnis.

Dalam era digital ini, website telah menjadi salah satu aspek yang penting dalam membangun UMKM yang sukses dan berkelanjutan. Hal ini tidak lepas dari peran website yang membantu meningkatkan jangkauan bisnis serta mencapai pasar yang lebih luas dari sebelumnya. Ada beberapa jenis usaha mikro yang sangat cocok jika dikembangkan menggunakan website bisnis sebagaimana yang telah kami rangkum berikut.

Jenis UMKM Cocok Dengan Website

  1. Bisnis e-commerce

Bisnis e-commerce seperti toko online, marketplace, atau platform perdagangan elektronik sebaiknya memiliki website untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi. Dalam hal ini termasuk sektor UMKM yang sudah mulai menawarkan produknya di marketplace maka lebih baik jika menggunakan website juga. Selain itu website juga dapat digunakan untuk menampilkan katalog produk, mengelola stok, dan memperlihatkan review dan testimoni dari pelanggan.

2. Bisnis jasa

UMKM jasa seperti jasa cuci mobil, potong rambut atau reparasi kendaraan sebaiknya memiliki website untuk memperlihatkan layanan yang mereka tawarkan. Website bisnis jasa juga dapat digunakan untuk membuat janji temu ataupun memperlihatkan portofolio dan sertifikasi jasa sehingga meningkatkan kredibilitas bisnis. Tentu ini akan sangat berguna karena umumnya usaha mikro sektor jasa hanya dikenali oleh konsumen di sekitar toko fisik didirikan.

3. Bisnis yang ingin membangun merek

UMKM yang ingin membangun merek seperti penjual produk fashion, makanan, atau minuman sebaiknya memiliki website untuk memperlihatkan identitas merek mereka. Dengan memiliki website akan membantu pelaku usaha mikro dalam melakukan penjualan langsung atau pre-order serta memperlihatkan testimoni pelanggan. Tentu ini menjadi pertimbangan penting bagi pelaku usaha mikro agar membuat website khusus bisnis.

Yuk, jangan lewatkan peluang untuk meningkatkan UMKM anda dengan membuat website bisnis! Andalkan umkmrakyat.id untuk segala keperluan website usaha mikro anda dan dapatkan layanan kami secara gratis! Tunggu apa lagi, segera kunjungi kami hanya di umkmrakyat.id. (Muhammad Fadilah Dzikri)