Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, penting bagi seorang pebisnis untuk memiliki strategi agar bisnis bisa maju dan berkembang. Mulai dari menciptakan produk berkualitas hingga mengandalkan platform pemasaran jitu, seperti website.

Alasan mengapa pebisnis harus memiliki strategi adalah karena pesatnya perkembangan dunia bisnis dan majunya perkembangan teknologi. Semua pebisnis tentu tidak mau bisnisnya stagnan. Jadi, mari ikuti 5 cara berikut ini jika Anda juga mau bisnis Anda berkembang.

  1. Menciptakan Produk Berkualitas

Menjual produk berkualitas tentu akan menarik minat pelanggan. Makin tinggi kualitas produk yang dijual maka makin banyak pelanggan yang tertarik pada bisnis Anda. Produk berkualitas artinya awet dan tahan lama sehingga bisa berdampak pada profit bisnis yang akan meningkat.

2. Mengutamakan Kebutuhan Pelanggan

Produk yang Anda jual harus sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda harus melakukan riset. Selain itu, tingkatkan layanan agar pelanggan senang membeli produk Anda.

3. Mencari Investor

Tidak hanya media sosial saja yang bisa membuat bisnis berkembang. Anda juga harus mencari investor. Anda perlu mempersiapkan portofolio karena investor biasanya hanya mau melakukan kerja sama jika bisnis mempunyai prospek jangka panjang.

Peran Media Sosial dan Website

4. Mengandalkan Teknologi

Teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, memulai bisnis pada zaman sekarang juga harus menggunakan teknologi. Contohnya, dengan mempromosikan produk di media sosial.

5. Mengandalkan Platform Website

Menggunakan platform media sosial saja tidak cukup. Anda juga memerlukan platform yang bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Platform tersebut adalah website.

Itulah 5 cara agar bisnis Anda maju dan berkembang. Bagi pelaku UMKM yang bergerak pada bidang kuliner, UMKM Rakyat menawarkan pembuatan dan publikasi website gratis. Segera daftar di sini. (Clarissa Sutandar)