Lonjakan pengguna internet yang terus meningkat selama beberapa tahun terakhir telah mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Perkembangan teknologi memberikan peluang usaha mikro untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan daya saing di era digital. Namun, masih banyak usaha mikro yang belum memanfaatkan potensi digitalisasi, sehingga perlu upaya untuk memberikan edukasi terkait teknologi digital.

Upaya edukasi dan pendampingan terkait digitalisasi UMKM diperlukan dalam rangka agar usaha mikro lebih siap menghadapi tantangan di era digital. Terutama dengan semakin banyaknya masyarakat yang memiliki smartphone sehingga akses ke dunia digital semakin mudah, menunjukkan besarnya peluang digitalisasi. Berikut beberapa alasan mengapa zaman kini adalah masa digitalisasi paling tepat bagi pelaku usaha mikro.

Besarnya Peluang Digitalisasi UMKM

  1. Potensi pasar yang besar

Dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang menggunakan internet, bisnis digital memiliki akses ke pasar yang sangat luas dan terus berkembang. Hal ini memungkinkan UMKM digital untuk menjangkau konsumen potensial yang tidak terbatas oleh batas geografis atau waktu. kondisi ini dapat sehingga dapat meningkatkan peluang penjualan dan pertumbuhan bisnis.

2. Kemudahan aksesibilitas

Internet memberikan aksesibilitas yang mudah dan cepat bagi konsumen untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. UMKM yang dijalankan secara digital dapat memanfaatkan kecepatan dan kemudahan aksesibilitas internet untuk menawarkan produk atau layanan secara online. Keadaan ini memungkinkan konsumen dapat dengan mudah mencari dan membeli produk yang mereka inginkan.

3. Efisiensi biaya

Bisnis digital umumnya memiliki biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan bisnis konvensional. Hal ini disebabkan UMKM digital dapat menghemat biaya infrastruktur fisik dan dapat menggunakan platform digital yang efisien dan hemat biaya. Dengan menghemat biaya operasional, bisnis digital dapat menawarkan harga yang lebih kompetitif dan meningkatkan daya saing di pasar digital.

Jika bebincang seputar digitalisasi, pelaku usaha mikro tentu membutuhkan platform yang bisa diandalkan dalam mengelola bisnisnya. Wujudkan impian digitalisasi anda bersama UMKM Rakyat, kami menyediakan program pembuatan website bisnis gratis bagi usaha anda. Segera ikuti program ini dengan menghubungi umkmrakyat.id, dapatkan kesempatan berharga ini selagi ada waktu! (Muhammad Fadilah Dzikri)