Jika anda adalah pelaku usaha mikro yang memiliki website UMKM, maka sudah seharusnya anda menampilkan konten untuk meramaikan tampilan website. Hal ini dilakukan dengan harapan meningkatkan kunjungan audiens di dunia maya terhadap website yang dibuat dan memperbanyak traffic website. Ada berbagai macam konten yang dapat ditampilkan pada website baik berupa poster, visualisasi gambar, maupun berupa artikel yang dapat dibaca audiens.

Menampilkan artikel pada website dapat memberikan keuntungan karena tulisan yang dimuat dapat menjadi media pengantar promosi dari produk yang ditawarkan. Pengguna internet juga dapat menemukan artikel yang ditulis melalui browser yang pada akhirnya mengarahkan mereka untuk mengunjungi website UMKM anda. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa konten artikel merupakan bentuk soft selling yang dapat diandalkan dan patut diterapkan pada bisnis anda. Ada macam-macam jenis artikel yang umumnya dimuat pada sebuah website, berikut adalah beberapa jenis yang kerap ditampilkan pada website.

Jenis Artikel UMKM

  1. Artikel feature

Artikel feature umumnya menyajikan suatu topik atau subjek tertentu dengan memberikan perspektif yang unik dan menarik bagi pembaca. Tujuan artikel ini untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang suatu topik yang menjadi pokok bahasan dalam artikel tersebut. Tak jarang juga hasil wawancara terhadap narasumber bersangkutan dicantumkan dalam artikel feature, jenis artikel ini cukup mewarnai keragaman website UMKM anda.

2. Artikel lifestyle

Artikel ini membahas tentang gaya hidup dan keseharian manusia seperti makanan, mode, hiburan, hingga tren kekinian. Jenis ini juga dapat menyediakan informasi tentang tren kekinian dan gaya hidup di kalangan selebriti, publik figur, bahkan sosialita. Umumnya gaya bahasa dalam jenis artikel ini bersifat ringan dan mudah dipahami agar menghibur pembaca dari pengunjung website UMKM anda.

3. Artikel penjualan produk

Artikel soft selling adalah artikel yang bertujuan untuk memasarkan dan menawarkan produk secara implisit atau tidak terlalu agresif kepada pembaca. Memasukkan artikel ini dalam website UMKM anda akan memudahkan audiens mengenali produk yang ditawarkan serta mempersuasi pembaca untuk membeli produk. Hal ini menjadikan artikel soft selling sebagai konten yang tepat untuk ditampilkan dalam sebuah website.

Setelah mengetahui bagaimana peran artikel bagi pemasaran produk tentu masih kurang lengkap jika UMKM anda masih belum memiliki website. Anda tidak perlu khawatir jika belum memiliki website bagi usaha anda, kini umkmrakyat.id menjadi solusi tepat mitra pembuatan website. Segera kunjungi website kami di umkmrakyat.id untuk informasi lebih lanjut. (Muhammad Fadilah Dzikri)