Salah satu tantangan dalam membangun bisnis adalah cara memasarkan produk. Penjual harus menentukan strategi pemasaran apa yang cocok agar bisnisnya bisa maju. Dengan strategi pemasaran yang tepat maka akan menggait konsumen yang tepat. Hal ini tentu juga menjadi persoalan bagi pelaku UMKM. Dapat dilihat bahwa banyaknya bisnis sejenis dan perusahaan yang sudah sukses membangun bisnisnya, membuat pelaku UMKM kebingungan untuk memulai. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk memasarkan produk? Simak bantuan UMKM berikut ini berupa tips-tips memasarkan produk UMKM anti gagal!

  1. Membuat Produk atau Jasa yang Unik

Anda bisa mulai dengan memikirkan kesulitan yang dihadapi sehari-hari. Dengan begitu, Anda bisa menemukan petunjuk. Banyak barang-barang aneh yang diciptakan untuk membantu kegiatan kita sehari-hari, walaupun hanya kegiatan sepele. Jadi, jangan takut untuk menciptakan inovasi baru. Siapa tahu banyak orang akan tertarik pada produk Anda.

2. Membangun Relasi

Relasi juga menjadi hal penting. Dengan memiliki banyak teman, Anda bisa meluaskan bisnis Anda agar dikenal banyak orang. Jika Anda masih kurang percaya diri, Anda dapat mempekerjakan tenaga pemasaran.

3. Menentukan STP

STP adalah kependekan dari Segmenting, Targeting, dan Positioning. Segmenting merupakan kegiatan membagi konsumen ke dalam beberapa kelompok. Targeting merupakan kegiatan di mana Anda memutuskan target konsumen utama. Terakhir, positioning adalah kegiatan di mana Anda memastikan di mana produk akan ditempatkan agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Digitalisasi Sangat Penting

4. Mengandalkan Dunia Digital

Semenjak pandemi COVID-19 melanda, banyak orang yang memilih e-commerce sebagai tempat untuk membeli kebutuhan. Oleh karena itu, peluang untuk memasarkan produk di e-commerce sangat besar. Selain itu, Anda bisa membuat akun media sosial untuk bisnis Anda, seperti di Instagram dan TikTok. Website juga menjadi pilihan yang bagus karena konsumen bisa mencari informasi lebih dalam terkait produk Anda. Klik di sini untuk membuat website UMKM Anda!

5. Membuat Promosi atau Diskon Menarik

Siapa yang tidak suka promosi? Dengan mengadakan promosi atau diskon, orang-orang akan tertarik untuk membeli produk Anda, meskipun mereka tidak benar-benar membutuhkannya. Hal ini menjadi peluang yang tepat bagi Anda yang sedang merintis bisnis UMKM. Manfaatkan momen-momen besar, seperti hari raya.

    Bantuan UMKM yang Berkualitas

    UMKM Rakyat yang merupakan program dari Andalworks memberikan bantuan UMKM sebagai bentuk dukungan kepada para tulang punggung perekonomian Indonesia. Kami memberikan website gratis bagi pelaku usaha kuliner di Jabodetabek. Silakan klik di sini untuk mendaftar. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan!

    First come, first served. Ayo miliki website untuk bisnis UMKM Anda! (Clarissa Sutandar)