Upaya dalam memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus dilakukan berbagai pihak agar sektor bisnis ini semakin mengalami perkembangan. Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, ada berbagai cara yang dapat dilakukan pelaku usaha mikro dalam rangka mengembangkan bisnisnya. Salah satu cara agar usaha mikro naik kelas adalah digitalisasi melalui e-commerce serta pengembangan literasi digital guna meningkatkan kualitas bisnis.

Menurut Arsjad, memanfaatkan platform dalam digitalisasi secara baik dapat memperluas jangkauan pasar UMKM bahkan hingga tingkat pasar ekspor global. Lebih lanjut Arsjad juga menuturkan platform seperti e-commerce harus dijaga keseimbangannya agar usaha mikro yang terlibat didalamnya berkembang pesat. Ia juga memberikan contoh batik Pekalongan yang berhasil menembus pasar ekspor berkat memanfaatkan digitalisasi secara efektif dan konsisten.

Pentingnya digitalisasi juga digaungkan oleh Chatib Basri selaku Ekonom Universitas Indonesia, menurutnya UMKM dapat bertahan selama pandemi corona berkat digitalisasi. Chatib juga menuturkan manfaat dari digitalisasi yang telah dirasakan pelaku usaha mikro harus dilanjutkan bahkan setelah pandemi berakhir. Terlebih lagi sistem pembayaran modern telah menggunakan metode digital seperti m-banking dan e-wallet, sehingga metode tersebut dapat mendukung transaksi digital.

Ekosistem Digital Bagi UMKM

Ekosistem digital yang semakin berkembang juga menjadi alasan mengapa setiap UMKM harus menerapkan penggunaan teknologi digital dalam mengelola bisnis. Terlebih sejumlah kompetitor sesama usaha mikro lainnya yang telah mahir dalam digitalisasi menyebabkan persaingan bisnis kian sengit. Pelaku usaha yang terjebak di zona nyaman dan tidak segera mempelajari penggunaan teknologi bagi bisnisnya akan tertinggal oleh kemajuan zaman.

Platform yang digunakan dalam digitalisasi pun beragam dan tidak terpaku pada e-commerce maupun marketplace, termasuk kini yang digandrungi pengusaha adalah website. Alasan maraknya penggunaan website adalah karena dapat meningkatkan visibilitas UMKM dan membuat bisnis lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. Hal ini disebabkan banyak orang mencari produk yang dibutuhkan melalui internet, sehingga keberadaan website memudahkan konsumen untuk menemukan produk tersebut.

Website juga dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan mudah diakses tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh UMKM. Keunggulan ini dapat membantu calon konsumen untuk membuat keputusan pembelian secara lebih cermat melalui informasi yang ditampilkan. Selain itu, website juga dapat menjadi tempat bagi pengusaha untuk berinteraksi dengan konsumen dan memperluas target konsumen yang diinginkan.

Membuat website bisnis bagi usaha mikro sendiri relatif mudah, terutama jika anda mengikuti program dari UMKM Rakyat. Program ini memberikan layanan pembuatan website gratis khusus bagi usaha mikro yang belum terdigitalisasi. Jika anda berminat mengikuti program ini, segera kunjungi kami di umkmrakyat.id dan raih kesempatan mengembangkan bisnis! (Muhammad Fadilah Dzikri)