Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus mengalami perkembangan yang signifikan bagi kondisi perekonomian seiring berjalannya waktu. Usaha mikro memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian karena menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, dan mendorong inovasi. Hal ini dibuktikan dari data Kementerian Koordinator Perekonomian yang menyebutkan bahwa 97 persen lapangan kerja disumbangkan oleh sejumlah sektor usaha mikro.

Menariknya, UMKM mampu bertahan ditengah krisis ekonomi yang pernah terjadi di Indonesia, sebut saja seperti krisis ekonomi pada tahun 1998. Kondisi ini menjadi bukti kuat bahwa usaha mikro merupakan pilar utama ekonomi Indonesia karena melibatkan perputaran ekonomi yang besar. Namun keadaan ini bukan berarti usaha mikro tidak pernah mengalami badai berat yang membuat perannya sebagai tiang ekonomi sempat terganggu.

Badai covid-19 yang pernah melanda Indonesia sempat mengguncang UMKM dan membuat banyak unit usaha tidak dapat keuntungan karena kehilangan konsumen. Namun keadaan ini bukan berarti para pelaku usaha memutuskan untuk menyerah terhadap nasib sulit yang sedang mereka alami. Salah satu solusi yang diterapkan untuk menghadapi kondisi tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi digital atau disebut dengan digitalisasi bisnis.

Penerapan Sistem Digitalisasi UMKM

Namun sebenarnya digitalisasi merupakan sistem yang pada akhirnya akan diterapkan oleh seluruh elemen bisnis terlepas dari adanya pandemi ataupun tidak. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin modern seriring berjalannya zaman. Kondisi ini juga memudahkan UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan produknya langsung ke konsumen tanpa banyak perantara sehingga lebih cepat sampai.

Umumnya sebuah produk akan mengalami proses distribusi yang cukup panjang dari produsen, penjual, hingga konsumen. Namun digitalisasi, berbagai bisnis termasuk UMKM dapat mempersingkat segala proses tersebut, bahkan bisa saja dari produsen langsung ke konsumen. Sebut saja website, sebuah brand UMKM yang sekaligus produsen dari produk yang ditawarkan dapat menampilkan barang yang dijual dan dilihat konsumen.

Dipotongnya jalur distribusi ini mempercepat peredaran produk kepada konsumen dan membangung transaksi ekonomi yang lebih cepat. Pemilik UMKM pun lebih cepat mendapat keuntungan dan konsumen juga lebih cepat mendapat barang yang diinginkan, inilah dampak positif dari digitalisasi. Karena itu penggunaan website harus segera diandalkan oleh pengusaha yang masih belum memanfaatkan media tersebut sebagai tempat penjualan.

Segera andalkan website bagi kelancaran UMKM anda, percayakan umkmrakyat.id sebagai mitra andalan dalam pembuatan website. Segera hubungi kami hanya di umkmrakyat.id dan nikmati jasa kami secara gratis! (Muhammad Fadilah Dzikri)