Menghadapi era modern yang serba digital memberikan tuntutan bagi pelaku usaha mikro untuk turut menerapkan digitalisasi UMKM agar dapat bersaing. Kini digitalisasi usaha menjadi keharusan mutlak bagi pelaku usaha mikro dalam mencari segmen konsumen yang besar dan meraih keuntungan lebih. Namun hal ini bukan berarti tidak ada tantangan berarti yang akan dihadapi pelaku usaha mikro saat bertransformasi ke digital bisnis.

Digitalisasi UMKM memang menggiurkan dan menjadi lahan basah bagi pelaku usaha mikro untuk meraup laba yang jauh lebih besar lagi. Dengan segala kesempatan yang ditawarkan dunia digital tentu sebanding juga dengan tantangan yang akan dihadapi siapapun yang mencoba peruntungan di dalamnya. Berikut adalah beberapa tantangan yang harus anda ketahui agar lebih siap dalam menghadapi tantangan dan rintangan digitalisasi usaha.

Tantangan Digitalisasi UMKM

  1. Kecepatan layanan.

Melayani konsumen adalah prioritas setiap pebisnis demi memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, pembeli adalah raja menjadi peribahasa yang sangat nyata. Konsumen umumnya bertanya tentang produk yang hendak mereka beli kepada seller untuk meyakinkan apakah produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhannya. Ini menjadi tantangan dalam digitalisasi dimana seller harus siaga dalam menjawab pertanyaan konsumen agar mereka tidak beralih ke toko lain. 

2. Menentukan target konsumen.

Sesuaikan dengan produk apa saja yang anda tawarkan, misalkan anda menjual mainan maka sudah jelas target anda adalah anak kecil. Jika telah menentukan target yang tepat anda dapat mempersonalisasi tampilan marketplace atau website sesuai karakteristik konsumen agar menarik minat mereka. Langkah ini terlihat sepele namun menyesuaikan karakteristik konsumen akan membuat produk UMKM anda terlihat lebih menarik dan diharapkan meningkatkan penjualan.

3. Persaingan yang sengit.

Tidak dapat dipungkiri dengan ramainya pelaku usaha mikro di pasar digital menjadikan persaingan semakin ketat antar sesama seller UMKM digital. Tantangan ini menjadikan kondisi digitalisasi UMKM harus diperhatikan secara serius bila ingin berhasil mendulang kesuksesan besar. Karena itu lakukan riset dan susun rencana bisnis yang andal, berikan juga harga yang kompetitif untuk menarik minat calon konsumen. Salah satu strategi paling diandalkan adalah memasarkan produk melalui website, segera hubungi umkmrakyat.id untuk sahabat pembuatan website UMKM anda! (Muhammad Fadilah Dzikri)