Digitalisasi UMKM menjadi salah satu kebutuhan penting bagi keberlangsungan usaha mikro di Indonesia, dengan digitalisasi akan membantu perkembangan usaha mikro. Hal ini karena persaingan bisnis semakin ketat dari waktu ke waktu dan sebagian besar bisnis telah memasarkan produknya secara online. Sektor usaha seperti UMKM rakyat harus  beradaptasi dengan kondisi yang ada dan harus merambah dunia digital untuk keperluan pemasaran produk.

Menjual produk melalui dunia digital atau jualan online memiliki sejumlah keunggulan yang patut dipertimbangkan oleh pelaku usaha dari berbagai sektor. Dengan digitalisasi UMKM maka UMKM anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas daripada hanya mengandalkan  toko fisik yang anda dirikan. Digitalisasi usaha juga membantu mengelola usaha dimanapun anda berada sehingga fleksibel, kemudahan ini tidak didapatkan jika hanya mengandalkan toko fisik.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan digitalisasi UMKM maka tidak heran kini sebagian besar pelaku usaha telah merambah ke toko online. Jika anda termasuk pelaku usaha yang memanfaatkan platform digital maka anda harus mengetahui bagaimana agar konsumen tertarik dengan produk anda. Berikut adalah beberapa tips mudah yang wajib diketahui oleh pelaku bisnis online.

Tips Mudah Digitalisasi UMKM

  1. Gunakan Sosial Media Populer

Ada berbagai macam sosial media popular yang sering digunakan masyarakat dalam kesehariannya, pilihlah yang paling popular untuk digitalisasi UMKM anda. Sebut saja facebook, twitter, atau instagram sebagai sosial media yang paling sering digunakan, buatlah akun bisnis dan mulailah berpromosi disana. Manfaatkan juga berbagai fitur promosi pada sosial media sebagai jalan untuk menjangkau lebih banyak mata yang melihat produk yang ditawarkan.

2. Tunjukkan Testimoni Pelanggan

Membagikan testimoni dan kepuasan pelanggan dapat menarik minat dan perhatian lebih banyak dari calon konsumen produk dan layanan yang ditawarkan. Anda juga dapat menambahkan rating dan komentar positif dari konsumen terhadap produk, cara ini ampuh membuat image baik bagi bisnis. Jika pengunjung website atau sosial media membaca ulasan positif maka mereka akan tertarik dengan produk anda dan berpotensi menjadi konsumen.

3. Aktif Unggah Konten

Salah satu langkah dalam memanfaatkan digitalisasi UMKM dengan maksimal adalah aktif mengunggah konten harian baik untuk sosial media maupun website. Anda dapat menggunakan konten sebagai media informasi dan promosi seputar produk dan layanan yang ditawarkan agar menarik atensi calon konsumen. Andalkan kreativitas anda dan buatlah konten semenarik mungkin untuk meningkatkan kunjungan pengguna internet ke website ataupun sosial media usaha anda. 

Karena itulah dalam rangka digitalisasi UMKM segera miliki website khusus bagi usaha mikro yang anda jalankan. Andalkan umkmrakyat.id menjadi mitra pembuatan website bagi bisnis anda, kami akan menjadi sahabat anda dalam menjalankan UMKM anda. Tunggu apa lagi, kunjungi dan hubungi kami di umkmrakyat.id, kami tidak sabar bertemu dengan anda! (Muhammad Fadilah Dzikri)