Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) umumnya masih bergulat di pasar lokal dan masih menargetkan konsumen dari masyarakat Indonesia. Alasan yang umum adalah karena target pasar di Indonesia lebih mudah dijangkau dan produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun hal ini menyebabkan angka ekspor dari sektor usaha mikro relatif rendah dan kurang meningkatkan perkembangan ekonomi secara signifikan.

Tak dapat dipungkiri pasar global kini menjadi ladang bagi pelaku usaha dalam ekspansi bisnisnya, baik pebisnis besar maupun usaha kecil. Persaingan pasar global pun sangat sengit seiring maraknya bisnis global yang beredar, hal ini menjadikan UMKM perlu strategi cerdas dalam bersaing. Sektor usaha mikro perlu mengembangkan cara penggunaan teknologi digital agar usaha yang dijalankan dapat berbasis digital guna menghadapi pasar global. 

Namun kenyataannya pemanfaatan teknologi digital melalui digitalisasi UMKM tidak cukup untuk ekspor dan persaingan global. Ada beberapa aspek lain yang perlu diperhatikan pelaku usaha mikro seperti anda. Kami telah merangkum beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar produk ekspor dapat bersaing dengan kompetitor.

Tips Sukses UMKM

  1. Tingkatkan kualitas

Kualitas produk yang baik dapat membantu meningkatkan citra merek dan memperkuat kepercayaan konsumen terhadap merek dari produk yang dibeli. Konsumen di pasar global umumnya juga semakin cerdas dan mengutamakan kualitas terbaik dari produk yang dibeli walaupun harganya tidak murah. Pelaku UMKM harus memiliki standarisasi kualitas agar memiliki indikator khusus yang memudahkan proses produksi dalam menghasilkan produk berkualitas.

2. Terapkan digitalisasi

Salah satu syarat mutlak dalam merambah pasar global adalah dengan memanfaatkan digital platform seperti media sosial dan website. Pelaku UMKM seperti anda harus mengandalkan fungsi dan fitur pada website untuk promosi produk sekaligus media transaksi dengan konsumen internasional. Pelajari juga fitur apa saja yang cocok ditambahkan pada website agar memiliki tampilan lebih baik sehingga menarik perhatian konsumen.

3. Tampilkan review pelanggan

Sebelum ekspansi ke pasar internasional tentu produk UMKM sudah pernah dijual dan mendapat banyak konsumen di Indonesia. Tampilkan testimoni konsumen pada website agar siapapun dapat membacanya, jangan lupa cantumkan dalam bahasa inggris agar konsumen global mengerti. Terakhir yang paling penting sediakan fitur personalisasi bahasa bagi konsumen, agar calon pelanggan global dapat membaca website dalam bahasa inggris.

Anda mungkin berpikir membuat dan mempersonalisasi fitur pada website adalah proses rumit dan membutuhkan biaya mahal. Kini tidak perlu khawatir, bersama umkmrakyat.id pembuatan website bagi UMKM anda kami bantu secara gratis. Kunjungi umkmrakyat.id dan segera konsultasi dengan kami. (Muhammad Fadilah Dzikri)