Pada zaman yang serba modern ini, strategi marketing tidak lagi menggunakan cara konvensional. Pengusaha besar maupun kecil, seperti UMKM sudah banyak yang memasarkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi. Inilah yang disebut dengan digitalisasi, memanfaatkan keberadaan internet untuk memperluas jangkauan pasar.

Digitalisasi usaha adalah proses mengubah komunikasi, interaksi, dan semua fungsi usaha dari konvensional menjadi digital. Proses digitalisasi meliputi banyak aspek, mulai dari penggunaan media digital untuk memasarkan usaha hingga cara pemilik mengelola usahanya untuk meningkatkan efisiensi. Selain itu, digitalisasi juga mengubah cara berinteraksi dengan pelanggan, karyawan, supplier, dan partner usaha.

Bagi orang yang sedang menjalankan UMKM, melakukan digitalisasi sangatlah penting. Pada artikel ini, akan dibahas keuntungan yang didapat UMKM dari melakukan digitalisasi. Simak pembahasannya berikut ini.

  1. Meningkatkan Efisiensi

Digitalisasi membawa banyak efisiensi bagi pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis mereka. Contohnya, pelaku UMKM bisa menghemat biaya transportasi dan promosi produk menjadi lebih efektif dengan mengandalkan media sosial dan website. Pelaku UMKM juga bisa mengadopsi sistem pembayaran elektronik sehingga mengurangi waktu saat proses transaksi.

2. Biaya Operasional Menjadi Murah

Digitalisasi memungkinkan pelaku UMKM untuk mengurangi biaya operasional secara signifikan. Misalnya, mereka tidak perlu membayar sewa toko atau ruko dan menghemat biaya pengiriman produk. Dengan melakukan digitalisasi, pelaku UMKM bisa menjual produknya melalui media sosial atau website sehingga tidak memerlukan toko fisik untuk berjualan.

Digitalisasi Tentu Juga Berpengaruh pada Pelanggan

3. Perkembangan Usaha Menjadi Lebih Cepat

Pemanfaatan media digital secara optimal bisa meningkatkan visibilitas produk dan berpotensi meningkatkan penjualan. Mengandalkan media digital membuat informasi tentang produk tersebar dengan cepat sehingga banyak orang bisa melihat penawaran yang diberikan. Dengan menjangkau banyak pelanggan maka perkembangan usaha akan menjadi lebih cepat.

4. Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan

Melalui media digital, pelaku UMKM bisa berinteraksi dengan pelanggan. Pemberian feedback merupakan salah satu interaksi yang bisa dilakukan. Berinteraksi dengan pelanggan sangat penting karena pelaku UMKM bisa mendapatkan wawasan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya.

5. UMKM yang Lebih Profesional

Pemanfaatan media digital membuat UMKM bisa mendapatkan nilai tambah dari pelanggan, menunjukkan profesionalitas dan kehadiran yang kuat dalam industri modern. Dengan profesionalitas tersebut, UMKM bisa memperkuat citra merek dan membuka peluang hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pelanggan pun juga akan mendapatkan kepuasan karena mendapatkan produk dan layanan yang baik.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa media digital, seperti media sosial dan website mempunyai pengaruh yang luar biasa pada UMKM. Membahas soal website, bagi pelaku UMKM yang belum memilikinya, segera daftar di UMKM Rakyat. Dengan menawarkan pembuatan dan publikasi website gratis, dijamin setiap UMKM yang memilih UMKM Rakyat akan sukses. (Clarissa Sutandar)