Memasarkan produk secara digital termasuk hal yang harus dilakukan bagi seluruh pelaku bisnis termasuk digitalisasi UMKM, dengan harapan membantu pemasaran. Digital marketing sendiri mengalami perkembangan yang cepat selama berjalannya zaman digital ini, ada berbagai cara yang dipakai dalam proses pemasaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah media planning, cara ini membantu pelaku usaha digital untuk memasarkan produk yang ditawarkan.

Media planning berguna bagi digitalisasi UMKM karena memanfaatkan media yang tepat dalam mencapai tujuan serta target pemasaran yang dibutuhkan bisnis. Proses ini memperhatikan beberapa aspek seperti analisa target audiens, penggunaan media yang tepat, pemilihan jadwal iklan, dan penyesuaian alokasi anggaran. Media planningbertujuan untuk memaksimalkan efektivitas pemasaran dengan cara memilih media yang tepat guna memastikan menyasar target audiens yang diinginkan.

Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam media planning seperti audiens, iklan yang ditampilkan harus menyesuaikan target pasar yang ditentukan. Komponen lain yang penting adalah biaya promosi, perencanaan anggaran yang tepat penting untuk efektivitas iklan agar tidak terjadi over budget. Terakhir adalah frekuensi iklan dilakukan, tentukan seberapa sering iklan ditayangkan karena mempengaruhi dua komponen sebelumnya dan membantu memaksimalkan digitalisasi UMKM.

Jika ingin proses digitalisasi UMKM melalui media planning berjalan lancar maka ada faktor lain yang perlu diperhatikan seperti perencanaan tujuan. Tentukan tujuan media planning yang diinginkan misalkan meningkatkan brand awareness, engagement rate, reputasi merk, atau kesadaran konsumen akan brand kita. Ini akan memudahkan pelaku usaha dalam penggunaan media yang dipilih agar membantu mencapai tujuan yang ditargetkan.

Media Planning Bagi Digitalisasi UMKM

  1. Survei pasar

Proses ini mengumpulkan informasi dan mengamati situasi tentang pasar untuk memahami keperluan, selera pasar, perilaku, dan perubahan pada tren pasar. Proses ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha dalam mengambil keputusan sesuai data dan informasi yang akurat terhadap kondisi pasar. Digitalisasi UMKM sendiri tidak bisa lepas dari proses survei pasar agar usaha mikro yang memanfaatkan pasar digital dapat berjalan lancar.

2. Tentukan media yang digunakan

Ada banyak media digital yang dapat dimanfaatkan untuk digitalisasi UMKM, seperti e-commerce, marketplace, sosial media, hingga penggunaan website. Tentu media yang dipilih adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan brandanda karena setiap media memiliki perbedaan dalam penargetan audiens. Diantara media yang paling sering digunakan dan menjaring banyak auidens adalah website karena memiliki sejumlah kelebihan yang tidak boleh dilewatkan.

3. Laksanakan rencana yang telah disusun

Perencanaan terhadap media yang digunakan untuk promosi harus dilaksanakan, misalkan jika telah memiliki websitemaka promosikanlah produk anda melalui website. Setelah itu lakukanlah evaluasi dari promosi yang dilakukan, amati apakah iklan berhasil menjangkau target audiens yang ditentukan. Evaluasi ini penting bagi digitalisasi UMKM agar perusahaan dapat menentukan langkah selanjutnya, akankah menerapkan strategi iklan yang sama atau berbeda. 

Media planning tidak bisa dijalankan tanpa memiliki media yang digunakan, sebagaimana dijelaskan sebelumnya salah satu media yang digunakan adalah website. Memiliki website menjadi keharusan mutlak bagi seluruh pelaku usaha apalagi untuk proses digitalisasi UMKM, maka buatlah website bersama umkmrakyat.id. Kami membuatkan website gratis untuk membantu UMKM anda berselancar di dunia maya, segera kunjungi dan hubungi kami di umkmrakyat.id. (Muhammad Fadilah Dzikri)