Semua orang yang memiliki website dengan tujuan untuk kepentingan pribadi, jualan online, maupun UMKM, tentu ingin websitenya dikunjungi banyak orang. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan membuat konten yang menarik. Konten yang menarik bisa dibuat dalam bentuk artikel.

Artikel merupakan tulisan yang berisi gagasan atau fakta yang dipublikasikan di media online maupun cetak. Tujuan dari artikel adalah untuk meyakinkan, mengedukasi, dan menghibur pembacanya. Artikel pada website harus dipublikasikan secara rutin agar Anda bisa memperoleh hasil yang maksimal dari platform website.

Manfaat Keberadaan Artikel pada Website UMKM

Sebagai pemilik UMKM, tentu usaha yang sedang dijalankan masih membutuhkan bantuan. Hal ini karena sumber daya, seperti akses ke pasar masih terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut, peran website sangat dibutuhkan.

  1. Menjadi Sumber Informasi

Artikel yang dibuat harus berhubungan dengan bisnis yang dimiliki. Contohnya, jika memiliki usaha travelling maka artikel yang bisa dimuat adalah seputar rekomendasi penginapan bagus atau tempat wisata di suatu daerah. Bila artikelnya menarik dan mampu mengedukasi pembaca, website Anda akan menjadi referensi utama bagi mereka untuk mencari informasi seputar hal-hal yang disukai.

2. Media untuk Mempromosikan Produk atau Layanan

Mempromosikan produk atau layanan bisa dilakukan melalui sebuah artikel. Biasanya, artikel yang membahas suatu produk atau layanan menggunakan teknik soft selling. Teknik ini dilakukan dengan mengenali masalah yang dihadapi pelanggan atau calon pelanggan, lalu memberikan tip-tip sebagai solusi permasalahan.

3. Website Terlihat Up to Date

Jika Anda rajin mengunggah artikel pada website, pengunjung akan menilai bahwa website Anda up to date. Calon pelanggan pun akan lebih yakin untuk menggunakan produk atau layanan Anda. Website yang selalu up to date juga bisa terdeteksi oleh mesin pencari, seperti Google dan berpotensi berada pada halaman pertama jika Anda melakukan optimisasi SEO (Search Engine Optimization).

Feedback dan Kerja Sama Bisa Meningkatkan UMKM Anda

4. Memperoleh Feedback

Artikel pada website yang mempunyai kolom komentar bisa dijadikan tempat untuk menampung masukan dari pelanggan atas produk atau layanan yang telah mereka gunakan. Bila mereka memberikan feedback positif, Anda harus tetap mempertahankan kualitas dan terus melakukan inovasi. Namun, Anda harus mengubah bahasan artikel atau melakukan evaluasi pada usaha Anda jika pelanggan memberikan feedback yang buruk.

5. Memudahkan Calon PartnerUsaha dalam Menemukan Usaha Anda

Calon partner usaha bisa menemukan dengan mudah usaha Anda melalui artikel yang diunggah pada website. Bayangkan jika usaha-usaha yang sudah terkenal menghubungi Anda untuk mengajak kerja sama. Kesempatan itu bisa membuka pintu menuju kolaborasi yang bisa membuat usaha Anda semakin berkembang.

Kini, Anda sudah tahu manfaat dari keberadaan artikel pada website UMKM. Masalah yang mungkin sekarang Anda hadapi adalah tidak memiliki website. Jangan khawatir karena UMKM Rakyat punya solusinya.

Dengan menawarkan pembuatan dan publikasi website gratis, penghasilan Anda akan meningkat. Segera daftar di sini. Ikuti juga media sosial UMKM Rakyat untuk informasi lebih lengkapnya. (Clarissa Sutandar)