Digitalisasi UMKM tampaknya menjadi salah satu syarat wajib bagi pelaku usaha mikro agar dapat menghadapi arus persaingan yang semakin ramai. Dengan kondisi pasar yang konsumen yang kini mengutamakan belanja online maka membutuhkan strategi dan ide cemerlang saat memasuki pasar online. Hal ini diperlukan mengingat besarnya persaingan dunia digital maka tidak cukup sekedar menjual produk biasa yang mungkin kurang digemari konsumen.

Umumnya pelaku usaha mikro yang telah menerapkan digitalisasi UMKM memanfaatkan marketplace dan website sebagai media pemasaran produk karena dinilai praktis. Pengusaha perlu menyediakan produk yang menarik dan dibutuhkan oleh konsumen lalu memasarkannya disertai promosi melalui website dari brand yang tersedia. Berikut adalah beberapa ide bisnis bagi pelaku usaha mikro seperti anda berdasarkan jenis produk yang paling banyak digemari masyarakat Indonesia.

Peluang Dalam Digitalisasi UMKM

  1. Bisnis food and beverages

Bisnis kuliner memang menjadi daya tarik berbagai pihak termasuk bagi pelaku usaha mikro karena permintaan jumlah makanan yang terus muncul. Selain itu bisnis makanan dan minuman dapat memiliki margin keuntungan yang berlipat ganda sehingga berpotensi menghasilkan laba yang besar. Sejumlah digitalisasi UMKM pun juga telah mencakup sektor kuliner menjadikan bukti kuat bahwa bisnis kuliner adalah peluang bagi digitalisasi usaha.

2. Bisnis fashion

Jenis bisnis ini terbuka dalam inovasi rancangan dan bahan sehingga membuka kesempatan untuk memproduksi produk yang unik dan sesuai selera konsumen. Bisnis ini memanfaatkan budaya masyarakat, misalkan saat menjelang lebaran, masyarakat akan beli baju baru menjadi kesempatan yang tak boleh dilewatkan. Bagi pelaku UMKM di sektor fashion kesempatan tadi adalah sebuah momen emas dalam mendulan keuntungan yang berlipat ganda.

3. Agribisnis 

Agribisnis adalah bisnis terkait produksi, distribusi, dan pemasaran hasil tani serta peternakan, sektor ini menggiurkan mengingat Indonesia sebagai negara agraris. Permintaan akan hasil tani, seperti konsumsi makanan dan minyak goreng cukup tinggi dan stabil, menjadikan agribisnis layak dicoba pelaku UMKM. Dengan memanfaatkan digitalisasi UMKM kini muncul berbagai merk hasil pertanian dengan website sebagai media pemasarannya, menjadikan digitalisasi usaha semakin nyata.

Jangan jadikan memiliki website usaha mikro sebatas impian belaka saja, wujudkan bersama kami di umkmrakyat.id untuk pembuatan website. Kami siap menjadi mitra dan sahabat bagi usaha mikro anda, wujudkan digitalisasi UMKM bersama kami di umkmrakyat.id. (Muhammad Fadilah Dzikri)