Jumlah UMKM rakyat terus meningkat seiring berjalannya waktu, keberadaan UMKM rakyat sendiri sangat penting bagi perkembangan dan menopang perekonomian Indonesia. Dengan keberadaan UMKM telah membuka sejumlah lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan dan menggerakkan roda perekonomian di berbagai daerah. Karena itulah UMKM rakyat membtuhkan strategi pemasaran yang baik agar dapat bertahan seiring perkembangan zaman dan persaingan ketat di pasar.

Strategi pemasaran yang baik dan tepat sangat diperlukan pelaku usaha karena bertujuan membantu sebuah bisnis mencapai target pemasaran yang diinginkan. Tidak terkecuali bagi UMKM rakyat, walaupun skalanya bukan bisnis besar namun strategi yang tepat akan memudahkan perkembangannya menjadi lebih besar. Maka sudah saatnya bagi seluruh pelaku usaha mikro untuk mulai memikirkan bagaimana cara pemasaran yang benar sesuai produk yang ditawarkan.

Manfaat lain dari menerapkan strategi pemasaran adalah dapat mempermudah sebuah usaha dalam meningkatkan penjualan produk dagangan dan layanan yang ditawarkan. Dengan mempromosikan produk secara rutin dan menarik minat konsumen, diharapkkan UMKM rakyat dapat meningkatkan permintaan produk dan meningkatkan jumlah penjualan. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran yang efektif dan dapat diterapkan untuk bisnis anda.

Strategi Pemasaran UMKM Rakyat

  1. Buatlah Produk yang Menarik

Langkah paling awal yang harus dilakukan pebisnis adalah menawarkan produk yang unik dan menarik agar lebih menarik perhatian calon konsumen. Dengan memiliki keunikan maka produk yang ditawarkan menjadi keunggulan dibanding kompetitor dan pesaing lainnya, karena itu buatlah produk semenarik mungkin. Tidak terkecuali bagi UMKM rakyat diharapkan juga menyediakan ciri khas dari produk yang ditawarkan agar dapat bersaing dan menarik konsumen.

2. Berikan Diskon dan Promo Menarik

Dengan memberikan promo dan diskon yang menarik, sebuah usaha akan memperbanyak kuantitas penjualan produk atau layanan mereka tawarkan kepada konsumen. Konsumen umumnya menyukai produk yang dijual dengan harga miring atau memberikan keuntungan yang dapat mereka miliki seperti voucher atau bonus. Strategi ini cocok diterapkan pada sektor UMKM rakyat agar meningkatkan daya beli masyarakat pada produk dan layanan dari usaha mikro.

3. Promosi Produk Secara Online

Memiliki bisnis yang dikenal dan disukai banyak orang adalah mimpi indah bagi setiap pebisnis, tidak terkecuali bagi pelaku UMKM rakyat. Diantara cara yang dapat dilakukan pelaku usaha dalam mempromosikan produk adalah dengan promosi secara online di berbagai platform media sosial. Selain promosi dari media social, memiliki website bagi usaha juga akan memudahkan branding dan meningkatkan kredibilitas usaha yang anda miliki.

Memiliki website UMKM bukanlah mimpi yang hanya bisa dibayangkan, kini anda dapat mengandalkan umkmrakyat.id untuk keperluan website UMKM anda. Kami akan membantu anda dalam proses pembuatan website bagi usaha anda dan memudahkan proses anda dalam memasarkan produk secara online. Kunjungi website kami di umkmrakyat.id, jangan ragu untuk hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan UMKM anda! (Muhammad Fadilah Dzikri)