Konsumsi dan belanja barang merk internasional adalah salah satu aktivitas yang digemari masyarakat Indonesia, terutama barang impor bermerk mewah. Ada berbagai alasan mengapa belanja barang bermerk menjadi kegemaran masyarakat seperti kualitas yang baik, model kekininan hingga menjadi status sosial. Keadaan ini menjadikan produk UMKM rakyat tergeser dari opsi belanja masyarakat, maka produk UMKM harus meningkatkan branding agar dipandang masyarakat.

Jarang diketahui bahwa tidak jarang produk UMKM rakyat memiliki kualitas tinggi bahkan masuk kategori kualitas layak ekspor ke luar negeri. Ini membuktikan bahwa kualitas produk sektor usaha mikro tidak kalah dari produk luar negeri namun masih jarang dilirik masyarakat Indonesia. Karena itulah sektor usaha mikro perlu lebih banyak dukungan dan mendapat konsumen lebih agar dapat terus bersaing dan berkembang.

Pengembangan UMKM Rakyat

Perbaikan terhadap pengembangan UMKM rakyat perlu dilakukan dari dua sisi baik dari sisi pelaku usaha maupun dari sisi konsumen. Dari sisi konsumen perlu meningkatkan kesadaran, dan minat membeli produk dalam negeri termasuk UMKM sehingga pembelian usaha lokal semakin meningkat. Dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap produk lokal serta tingginya penjualan produk dan layanan usaha lokal diharapkan pertumbuhan ekonomi semakin baik.

Tak dapat dipungkiri minat masyarakat terhadap produk lokal berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi. Menurut Kementerian Koperasi dan UKM melaporkan bahwa 99,9% pelaku usaha adalah UMKM rakyat dan menjaring sekitar 97% tenaga kerja dari sektor ini. Tentu ini menunjukkan bahwa sektor usaha mikro perlu perhatian khusus dan harus “hidup” dan terus berkembang agar menggerakkan ekonomi Indonesia.

Dukungan terhadap UMKM rakyat sangat perlu dilakukan oleh berbagai pihak, apalagi saat masa pandemi 87,5% UMKM mengalami penurunan omzet yang tajam. Maka dari itu dari sisi pelaku usaha mikro harus lebih kreatif dalam mempromosikan produknya dan mendapatkan pasar yang lebih luas. Tentu salah satu upaya yang dapat dilakukan pelaku usaha adalah dengan memanfaatkan teknologi digital untuk memudahkan promosi dan pemasaran produk.

Pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku UMKM rakyat dapat dimulai dengan menggunakan website, ini adalah langkah awal bagi digitalisasi usaha mikro. Mulailah membuat website bagi usaha mikro anda, andalkan umkmrakyat.id sebagai mitra pembuatan website bagi usaha anda. Kunjungi dan hubungi kami di umkmrakyat.id kami hadir untuk solusi digitalisasi usaha anda. (Muhammad Fadilah Dzikri)