Dalam membuat keputusan pembelian, beberapa pelanggan mungkin akan bertanya-tanya mengenai produk yang akan dibeli. Mereka akan berpikir apakah produk tersebut asli atau apakah ketersediaannya masih ada. Salah satu hal yang menyebabkan pelanggan merasa ragu adalah penjual tidak memiliki website bisnis.

Sama halnya dengan banyaknya pelaku UMKM yang masih belum menyadari pentingnya memiliki website. Media pemasaran ini bisa membantu pelaku UMKM memperoleh keuntungan yang lebih dibanding kompetitor. Tidak hanya itu, citra bisnis pun juga akan meningkat.

Manfaat Memiliki Website Bisnis

Menempatkan alamat website bisnis pada media pemasaran lain yang Anda miliki, seperti media sosial akan membuat Anda memperoleh eksposur tambahan. Hal ini tentu bisa mempermudah pelanggan dalam menemukan informasi yang ingin mereka cari. Bisnis Anda akan langsung dinilai baik saat pelanggan tahu bahwa bisnis Anda memiliki website.

Di dalam sebuah website, Anda bisa menaruh semua informasi terkait bisnis Anda. Mulai dari produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan, harga, hingga cara pengiriman dan pembayaran. Anda juga bisa mengubah atau memperbarui semua informasi tersebut kapan saja.

Kemudahan internet membuat orang-orang dari suatu negara bisa mengakses informasi dari negara lain. Kemudahan ini bisa Anda manfaatkan untuk memperluas pasar. Dengan website, calon pelanggan bisa melihat-lihat bisnis Anda selama 24 jam setiap harinya.

Dengan memiliki website, Anda juga akan lebih mudah untuk melakukan riset pasar. Caranya adalah dengan menampilkan polling dan survei online. Hanya dengan dua cara tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan banyak respons dari pelanggan.

Jika Anda memiliki kerabat atau sudah memiliki pelanggan tetap, Anda bisa meminta tolong kepada mereka untuk mempromosikan bisnis Anda kepada keluarga atau teman mereka. Anda hanya perlu membagikan alamat web atau link website bisnis Anda kepada mereka tanpa perlu menjelaskan panjang lebar karena semua informasi sudah ada pada website. Mudah, bukan?

Alasan Mengapa Masih Banyak Pelaku UMKM yang Belum Mengandalkan Media Pemasaran Jitu Ini

Biaya yang tinggi sering kali menjadi faktor penyebab pelaku UMKM belum bisa memiliki website. Mahalnya biaya pembuatan, hosting, dan pemeliharaan adalah hambatan para pelaku UMKM yang mempunyai anggaran terbatas. Ini menyebabkan mereka hanya fokus pada cara pemasaran biasa, seperti brosur dan media sosial.

Diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk membuat dan mengelola sebuah website. Contohnya, pemrograman, desain grafis, dan optimisasi mesin pencari. Beberapa pelaku UMKM tidak mempunyai skill tersebut, bahkan tidak punya waktu untuk mempelajarinya.

Selain itu, tidak sedikit pelaku UMKM yang minder dengan kemampuannya dalam mengelola bisnis dan website yang efektif. Mereka takut website bisnisnya tidak mampu menarik perhatian pelanggan atau yang terburuk, tidak akan mendapatkan keuntungan. Bagi Anda yang memiliki UMKM di bidang kuliner, semua masalah tersebut tidak perlu Anda khawatirkan.

Segera daftarkan bisnis kuliner Anda di UMKM Rakyat. Gratis dan tepercaya! Selain mendapatkan banyak fitur website gratis, Anda juga akan menjadi pebisnis yang andal. (Clarissa Sutandar)