Saat ini penggunaan website untuk keperluan bisnis dan usaha sudah marak digunakan untuk berbagai keperluan yang dapat melancarkan sebuah bisnis. Tidak terkecuali bagi sektor UMKM, website UMKM juga sudah mulai sering digunakan oleh pelaku usaha mikro dalam rangka mengembangkan usahanya. Hal ini tidak lepas dari manfaat yang didapatkan pelaku usaha jika memanfaatkan website, sehingga tidak heran pemakaian website semakin digunakan.

Dengan keberadaan website sebuah bisnis dapat mencapai pasar yang lebih luas karena semua orang dapat mengakses website dimanapun dan kapanpun. Maka dari itu pelaku usaha dapat memasarkan produknya dengan jangkauan lebih luas sehingga berpotensi meningkatkan daya jual produk yang ditawarkan. Pelaku usaha mikro juga dapat memanfaatkan website UMKM untuk tujuan serupa sehingga ekspansi usaha akan meluas dan meningkatkan perputaran ekonomi.

Disamping manfaat yang ditawarkan dari memiliki website UMKM, pelaku usaha mikro juga harus cerdas bagaimana mengelola websitenya. Dengan cara yang tepat maka keberadaan website akan meningkatkan efektivitas kinerja UMKM dan menjaring lebih banyak konsumen yang membeli produk. Berikut adalah cara mudah dalam memaksimalkan keberadaan website untuk UMKM anda.

Memanfaatkan Website UMKM

  1. Tampilkan Desain Yang Menarik

Desain website UMKM yang menarik dapat memikat calon konsumen untuk mendatangi website dan mengetahui lebih jauh tentang bisnis yang dijalankan. Hal ini membantu menarik perhatian calon konsumen yang sebelumnya belum mengetahui tentang produk yang anda tawarkan menjadi tertarik dan membelinya. Peluang ini harus anda manfaatkan karena dapat memperbesar ekspansi usaha mikro yang anda jalankan dan meningkatkan daya saing dengan kompetitor.

2. Gunakan Deskripsi Singkat di Konten Website

Deskripsi produk dan layanan yang digunakan dalam konten website UMKM anda harus menggunakan pola kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Pastikan calon konsumen tidak bosan dan jenuh saat melihat website anda, namun usahakan agar calon konsumen memahami produk yang ditawarkan. Maka dari itu rangkailah kalimat dengan pola yang tepat agar pengunjung website memahami dan tertarik dengan produk usaha yang ditawarkan.

3. Bangun Koneksi Kepada Pengunjung Website

Menjalin komunikasi dengan pengunjung website adalah cara yang ampuh untuk menggaet lebih banyak minat dari calon konsumen produk yang ditawarkan. Pastikan anda selalu menampilkan sejumlah informasi kontak seperti nomor telepon perusahaan, email, atau fitur “hubungi kami” pada website UMKM anda. Anda juga dapat menampilkan sosial media bisnis yang dikelola sehingga calon konsumen dapat mengeksplor produk dan layanan yang anda tawarkan.

Jika usaha anda masih belum memiliki website maka anda tidak perlu khawatir, andalkan umkmrakyat.id untuk keperluan website UMKM anda. Kami dengan tangan terbuka siap membantu usaha mikro anda menjadi digital dengan pembuatan website gratis. Jangan ragu untuk hubungi kami disini untuk informasi lebih lanjut, kami menunggu kerja sama dengan anda! (Muhammad Fadilah Dzikri)