Digital marketing sangat penting karena di era modern saat ini, mayoritas masyarakat cenderung memilih untuk berinteraksi dengan merek melalui internet. Hal ini mendasari mengapa sektor usaha mikro harus mulai merambah ranah digital seperti dengan memiliki website UMKM atau sosial media. Digital marketing juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional karena dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan lebih terstruktur.

Hal seperti ini dapat diraih karena jumlah pengguna internet kini jauh lebih meningkat dibanding sebelumnya, menjadikan dunia digital pasar menggiurkan. Tentu ini peluang yang tidak dapat dilewatkan oleh pebisnis termasuk pelaku usaha mikro, merambah ke pasar digital menjadi sebuah keharusan. Ada beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM dalam menggunakan digital marketing, berikut adalah peluang besar yang bisa anda gunakan.

Macam Digital Marketing

  1. Iklan pay per click

Pay-per-click (PPC) advertisement adalah semacam iklan digital dimana pengiklan cukup membayar hanya ketika iklan yang dipublikasikan dibuka oleh pengguna internet. Sistem iklan ini menggunakan keyword yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan, lalu menampilkan iklan tersebut pada halaman pencarian pengguna internet. Ini menjadikan iklan PPC menjadi salah satu andalan yang umum digunakan dalam digital marketing karena mudah dalam menjangkau target audiens.

2. Website Marketing

Website marketing adalah teknik promosi yang memanfaatkan media website sebagai perantara anntara iklan yang dipublikasikan dengan target audiens yang diinginkan. Tujuannya adalah meningkatkan pamor dan kesadaran merek di jagat maya, menarik pengguna internet ke situs web, dan memperkuat brand image. Cara digital marketing ini mesti digunakan pemilik usaha termasuk sektor UMKM karena dapat meningkatkan brand awareness terhadap produk yang ditawarkan.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Search engine optimization (SEO) adalah cara yang digunakan untuk menjadikan website kita mudah dicari dan ditemukan di halaman utama internet. SEO mengoptimalkan konten dan keyword dalam website sehingga dengan munculnya website tersebut di halaman internet maka semakin banyak audiens melihat. SEO berpengaruh dengan dua poin yang dijelaskan sebelumnya, menunjukkan bahwa dalam digital marketing memerlukan rangkaian strategi agar berhasil.

Melihat pentingnya website sebagai tools dalam digital marketing, tentu anda tidak ingin ketinggalan di era modern yang pesat ini. Jika anda pelaku UMKM segeralah memiliki website sebagai alat pemasaran digital, kami dari umkmrakyat.id dapat membantu anda mmebuat website. Segera hubungi dan kunjungi kami di umkmrakyat.id untuk digitalisasi UMKM anda! (Muhammad Fadilah Dzikri)