Bagi Anda yang sedang menjalankan UMKM, tentu Anda tahu bahwa memiliki website sangat penting. Namun, ada satu halaman penting yang wajib ada pada website UMKM Anda. Halaman tersebut adalah Frequently Asked Questions atau disingkat dengan FAQ, dalam bahasa Indonesia artinya pertanyaan yang sering diajukan.

FAQ didasarkan pada feedback yang diberikan pelanggan. Contohnya, Anda mendapat banyak email tentang cara penggunaan suatu produk. Agar tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama berulang kali, Anda bisa menuliskan cara penggunaan produk tersebut pada halaman FAQ.

Manfaat Halaman FAQ pada Website UMKM

Sebagai UMKM, tentu harus mengedepankan profesionalitas agar calon pelanggan bisa percaya dan kemudian menggunakan produk atau layanan Anda. Untuk itu, memiliki halaman FAQ pada website UMKM sangat penting karena bisa menjadi referensi utama bagi calon pelanggan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan mereka. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan informasi kontak usaha pada halaman ini.

  1. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Letakkan halaman FAQ pada bagian yang mudah dicari pengunjung website. Jadi, mereka tidak perlu pusing mencari dan membuang waktu untuk bertanya langsung pada Anda. Dengan cara ini, pengunjung akan merasa memperoleh pelayanan yang baik.

2. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Halaman FAQ bisa membangun kepercayaan pelanggan terhadap usaha Anda. Halaman ini dapat menunjukkan bahwa usaha Anda bisa mengatasi masalah yang dihadapi pelanggan. Kepercayaan juga menjadi faktor penentu dalam pengambilan keputusan pembelian.

3. Meningkatkan Visibilitas

Ketika Anda mengoptimalkan halaman FAQ dengan baik maka halaman tersebut berpotensi muncul di mesin pencari, seperti Google. Saat pertanyaan yang dicari seseorang mirip dengan pertanyaan Anda maka halaman FAQ Anda akan memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari. Dengan memberikan jawaban pada pertanyaan yang serupa, orang-orang yang sebelumnya tidak mengetahui usaha Anda akan menjadi tahu.

Halaman FAQ Bisa Menjadi Referensi dalam Membuat Konten

4. Inspirasi Pembuatan Konten

Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan bisa menjadi inspirasi untuk membuat konten. Salah satu konten yang bisa Anda buat adalah video karena tampilan visual akan lebih memudahkan pelanggan dalam memahami suatu jawaban. Konten tersebut dapat Anda masukkan pada halaman FAQ sehingga pelanggan bisa mendapatkan jawaban yang lebih rinci.

5. Meningkatkan Penjualan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa halaman FAQ bisa membangun kepercayaan pelanggan. Calon pelanggan yang sudah mendapatkan jawaban dari pertanyaan mereka sudah pasti akan lebih yakin untuk menggunakan produk atau layanan Anda. Pada FAQ, Anda juga dapat memberikan informasi terkait pemesanan, pembayaran, hingga pelacakan paket.

Itu dia 5 manfaat halaman FAQ yang hanya bisa Anda dapatkan jika memiliki website UMKM. Bagi Anda yang belum memilikinya, segera daftar di UMKM Rakyat. Tidak perlu khawatir soal biaya karena membuat website di sini tidak dipungut biaya alias gratis. (Clarissa Sutandar)