Digitalisasi UMKM adalah subjek yang sering diperbincangkan sejak era revolusi industri 4.0, tentu tidak mengherankan mengingat setiap jengkal kehidupan dipenuhi teknologi. Kini sektor bisnis termasuk usaha mikro tidak lepas dari pengaruh digital, proses digitalisasi usaha menjadi hal mutlak bagi pelaku usaha. Proses ini dilakukan mengingat efisiensi kerja akan meningkat dengan pemanfaatan teknologi terkini sengingga implementasi digital perlu diterapkan ke dunia bisnis.

Sektor usaha mikro sebagai unit dengan jumlah terbanyak di Indonesia perlu strategi perkembangan yang lebih andal, seperti dengan digitalisasi UMKM. Dengan mengadopsi sistem digitalisasi bisnis modern, anda akan merasakan berbagai kemudahan dalam menjual produk, promosi, iklan, dan bertransaksi dengan konsumen. Berikut kami rangkum beberapa aspek penting dalam bisnis digital dengan segala kemudahan yang akan dirasakan jika mengimplementasikannya.

Aspek Digitalisasi UMKM

  1. Penggunaan digital payment.

Digital payment atau pembayaran digital adalah pembayaran yang dilakukan secara digital melalui perangkat teknologi seperti komputer, smartphone, tablet, ataupun perangkat lainnya. Pembayaran ini dapat berupa transfer antar bank ataupun dari aplikasi dompet digital ke dompet digital lainnya dengan tambahan biaya admin. Pembayaran ini digunakan jika mengadopsi digitalisasi UMKM karena akan bertemu konsumen secara online sehingga hanya dapat transaksi menggunakan pembayaran digital.

2. Manajemen sumber daya manusia secara digital.

Human Resource Management (HRM) secara digital mencakup pemanfaatan teknologi dan software yang memudahkan pemantauan karyawan dan proses HRM secara online. Sistem ini akan memantau grafik produktivitas dan history jobdesk karyawan anda sehingga progress pekerjaan yang dilakukan dapat dimonitor dengan cepat. Pelaku usaha mikro yang menerapkan digitalisasi UMKM umumnya telah menerapkan HRM secara digital juga guna meningkatkan produktivitas pekerjaan.

3. Pemanfaatan website.

Konsumen di zaman digital umumnya suka mencari produk kebutuhan melalui internet, biasanya produk yang dicari tampil di laman utama browser. Dengan memiliki website khusus bagi usaha mikro maka akan memudahkan produk yang anda jual tampil di laman browser calon konsumen. Website juga menjadi salah satu pemanfaatan digitalisasi UMKM yang sangat berpengaruh dalam menjangkau jaringan konsumen yang lebih luas. 

Jika anda masih belum memiliki website bagi brand usaha anda maka kini adalah waktu yang tepat untuk merambah digitalisasi UMKM. Tidak ada kata terlambat, segera kunjungi kami di umkmrakyat.id untuk pembuatan website bagi usaha mikro anda. Kami siap memajukan usaha mikro anda menjadi usaha berbasis digital dan mengikuti tren kekinian! (Muhammad Fadilah Dzikri)