Digitalisasi UMKM merupakah suatu usaha untuk membantu sektor usaha mikro bertransformasi ke pasar digital dalam proses pengembangan dan pemasaran bisnis. Hal ini penting untuk dilakukan karena sektor usaha mikro merupakan penopang roda perekonomian Indonesia dan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB). Urgensi digitalisasi usaha bagi sektor UMKM pun menjadi penting agar sektor ini bisa bertahan menghadapi persaingan pasar yang semakin berkembang.

UMKM juga menjadi sorotan penting karena sebagian besar bisnis yang berjalan di Indonesia didominasi usaha mikro, menjadikannya aspek penting perekonomian. Sektor usaha mikro juga terus mengalami pertumbuhan pesat dengan lebih dari 60 juta unit usaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jumlah unit yang sangat banyak sektor ini berhasil menyerap 97% persen tenaga kerja dan berperan besar dalam mengurangi angka pengangguran.

Dengan segala perkembangan dan kontribusi yang diberikan usaha mikro bagi perekonomian Indonesia, maka sudah sewajarnya bagi pemerintah turut mendorong perkembangannya. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong digitalisasi UMKM melalui pelatihan usaha digital secara online bagi pelaku usaha mikro. Menurut data Kominfo sekitar 16,4 juta usaha mikro telah bertransformasi ke pasar digital, ini adalah kabar baik bagi perkembangan ekonomi Indonesia.

Pentingnya Digitalisasi UMKM

Memanfaatkan dunia internet sebagai jembatan dalam mengembangkan usaha adalah syarat mutlak bagi pebisnis bila ingin usahanya berkembang dengan lebih pesat. Digitalisasi UMKM memudahkan pelaku usaha dalam riset pasar yaitu proses analisis kondisi pasar dan konsumen yang bertujuan memahami target konsumen. Dengan bantuan dunia digital akan memudahkan dalam mencari segmen konsumen yang tepat dan bagaimana memasarkan produk ke konsumen.

Riset lain yang dibutuhkan pelaku usaha adalah riset kompetitor, hal ini penting agar usaha anda dapat bersaing diatas kompetitor anda. Riset kompetitor bertujuan untuk mengamati strategi yang digunakan pesaing, kekurangan dan kelebihan mereka serta bagaimana mereka menawarkan produk kepada konsumen. Digitalisasi UMKM memudahkan usaha mikro memantau pesaing yang menawarkan produk sejenis sehingga dapat menentukan langkah agar produk anda berhasil dipasaran.

Keuntungan lain dari menerapkan digitalisasi UMKM adalah memperkuat brand yang ditawarkan, diantara caranya adalah memiliki website bagi brand usaha anda. Branding bisnis menjadi penting karena menunjukkan ciri khas dan keunikan dari bisnis yang dijalankan ditengah pasar yang penuh dengan persaingan. Dengan keberadaan website bagi usaha mikro anda maka diharapkan dapat menampilkan identitas produk dan memperkuat citra bisnis yang anda jalankan.

Dengan berbagai kemudahan dan manfaat yang didapatkan melalui dunia digital kini saatnya usaha anda turut meramaikan dunia maya. Segera lakukan digitalisasi UMKM bagi usaha mikro anda dengan memiliki website dari merk usaha yang anda jalankan. Kunjungi kami di umkmrakyat.id sebagai mitra pembuatan website, kami siap membantu UMKM anda berkembang dan menjadi pilar perekonomian Indonesia!. (Muhammad Fadilah Dzikri)