Digitalisasi UMKM sepertinya menjadi pilihan yang digemari dalam menjalankan usaha mikro karena segudang manfaat yang dirasakan dari proses digital tersebut. Saat ini dunia juga telah beralih ke penggunaan teknologi dan pemanfaatan sistem digital dalam seluruh aspek kehidupan termasuk berjalannya bisnis. Oleh karena itu tidak ada alasan lain bagi pelaku usaha mikro untuk tidak memanfaatkan dunia digital termasuk dalam menjalankan bisnis.

Dalam digitalisasi UMKM, umumnya pelaku usaha akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk memaksimalkan kinerja dan meningkatkan efektivitas bisnis. Bagi sebagian pelaku usaha mikro yang mungkin masih belum mengenal jauh tentang TIK akan mengalami kesulitan dalam memanfaatkan proses digitalisasi. Namun kini anda tidak perlu khawatir, disini kami akan memberikan langkah mudah yang dapat anda lakukan dalam memulai digitalisasi usaha.

Tahap Digitalisasi UMKM

  1. Tentukan bisnis yang diinginkan.

Menentukan jenis usaha yang dijalankan adalah langkah paling pertama dalam memulai bisnis, ada banyak pilihan tergantung keinginan dan kemampuan anda. Dengan mengetahui jenis produk yang dijual akan lebih memudahkan dalam penyediaan bahan baku, proses produksi, hingga menentukan target konsumen. Ketika proses utama dalam pengelolaan sudah ditentukan, maka selanjutnya dapat mulai digitalisasi UMKM seperti membuka toko marketplace atau membuat website.

2. Tentukan target konsumen

Pelaku usaha harus menentukan target konsumen atau pelanggan yang cocok dengan produk yang ditawarkan, misalkan berdasarkan usia, gender, atau pendapatan. Dengan bantuan digitalisasi UMKM seperti marketplace atau website anda dapat melihat statistik dan data dari konsumen yang membeli produk anda. Dengan memperhatikan data yang ada anda dapat mengevaluasi apakah produk yang ditawarkan telah terjual tepat sasaran dengan target yang ditentukan.

3. Pilih platform penjualan 

Memilih platform pemasaran adalah hal yang cukup krusial bagi berlangsungnya digitalisasi UMKM anda, karena inilah momentum dalam menjaring konsumen. Dalam digitalisasi bisnis website memiliki peran dalam menyampaikan informasi produk, perbelanjaan, hingga promo produk dan menjadikannya informasi utama bagi konsumen. Dengan seluruh keunggulan tersebut, tidak mengherankan pengguna website untuk bisnis terus meningkat setiap harinya. Kini saatnya anda turut memiliki website bagi UMKM anda, ayo hubungi umkmrakyat.id untuk mitra pembuatan website anda! (Muhammad Fadilah Dzikri)