UMKM merupakan kependekan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Keberadaan UMKM sangat berdampak di Indonesia karena jumlahnya sangat banyak dan keadaannya dekat dengan masyarakat. Untuk menjalakan UMKM, diperlukan platform website untuk memasarkan dagangan agar cepat laku.

UMKM merupakan bentuk usaha yang bersifat padat karya dan biasanya dimiliki perorangan. Namun, beberapa kelompok yang bekerja sama juga bisa memilikinya. M. Kwrtono pada bukunya yang berjudul Kiat Sukses Berburu Modal UMKM mengungkapkan bahwa UMKM merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang aset bersihnya tidak lebih dari Rp 200 juta.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan UMKM mempunyai beberapa ciri, yaitu:

  1. Mempunyai tempat usaha yang bisa dituju, tetapi bisa berpindah bila diperlukan
  2. Produk yang diproduksi dapat berubah-ubah
  3. Pengaturan keuangan masih belum terstruktur
  4. Sumber daya manusianya belum cukup kompeten di bidang wirausaha
  5. Tingkat pendidikan sumber daya manusianya relatif rendah

Manfaat UMKM bagi Masyarakat

  1. Sarana untuk Memakmurkan Masyarakat

UMKM memberi dampak secara finansial untuk lingkungannya. Hal ini karena UMKM mampu menyerap banyak tenaga kerja. Otomatis, mengurangi angka kemisikinan pada masyarakat kelas bawah.

2. Usaha Pemerataan Ekonomi Rakyat

Tersebarnya UMKM pada setiap provinsi di Indonesia terbukti mengurangi kesenjangan masyarakat miskin dan kaya. Bisa disimpulkan bahwa masyarakat miskin tidak harus ke kota untuk berbelanja. Bahkan, UMKM juga berpeluang untuk mendistribusikan produk daerah tertinggal ke kota.

3. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Adanya pelatihan bisnis UMKM membuat kualitas sumber daya manusia (SDM) yang terlibat meningkat. Selain itu, lama-kelamaan mereka akan berpengalaman pada bidang wirausaha. Hal ini juga memberi dampak positif jika ada sumber daya manusia yang mempunyai kualitas pendidikan rendah.

Manfaat UMKM bagi Negara

Keberadaan UMKM menjadi tulang punggung perekonomian negara. UMKM menekan banyak pengeluaran teknis dan berdampak pada produk daerah yang bisa sama dengan produk kota. Hal ini pun menyebabkan meningkatnya daya beli masyarakat.

Selama pertumbuhannya, UMKM sudah merambah ke pasar internasional. Berbagai produk sudah memenuhi syarat internasional. UMKM menyumbangkan sekitar Rp 88,405 miliar bagi pendapatan negara ppada tahun 2017.

Peran Website untuk Kemajuan UMKM

Website bisa diibaratkan sebuah toko yang kapan pun dan di mana pun orang bisa mengaksesnya. Website merupakan media untuk promosi yang paling efektif karena penjual bisa membagikan informasi produk, promo, alamat bisnis, dan hal lainnya. Dengan begitu, calon pelanggan bisa mendapatkan informasi dengan cara yang cepat.

Bagi Anda yang menjalani bisnis UMKM pada bidang kuliner, tetapi belum mempunyai website untuk mempromosikan produk, UMKM Rakyat bisa membantu Anda. Langsung daftarkan bisnis Anda di sini. Tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis! (Clarissa Sutandar)